• Home
  • Bisnis
  • Ini Mengapa Pelindo 1 Jalin Kerjasama Dengan Port of Rotterdam & Zhejiang Seaport Group

Pelindo 1

Ini Mengapa Pelindo 1 Jalin Kerjasama Dengan Port of Rotterdam & Zhejiang Seaport Group

Administrator Jumat, 07 Mei 2021 22:18 WIB
 KETIKERS.COM - Pelindo 1 terus mendorong pengembangan pelabuhan yang dikelolanya dengan memperluas kerja sama strategis dengan pelabuhan-pelabuhan dunia sebagai langkah mewujudkan visinya menjadi gerbang utama ke jaringan logistik global. 

Hal ini diwujudkan melalui Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Term Sheet Kerja Sama Proyek Pengembangan Kuala Tanjung Port and Industrial Estate (Kuala Tanjung PIE) antara Pelindo 1 dengan Port of Rotterdam dan Zhejiang Provincial Seaport Investment & Operation Group Co., Ltd. (Zhejiang) yang dilakukan secara daring pada Jumat, 7 Mei 2021.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1 Joko Noerhudha, Direktur PT Pelabuhan Rotterdam Indonesia Andre G. F. Toet, dan Assistant General Manager Zhejiang Provincial Seaport Investment & Operation Group Co., Ltd. Shi Jianjie.

Penandatanganan ini disaksikan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenkomarves Septian Hario Seto, Komisaris Utama Pelindo 1 Achmad Djamaludin, President Director of Zhejiang Seaport Group Mao Jianhong, Direktur Utama Pelindo 1 Prasetyo, serta seluruh jajaran Direksi Pelindo 1 dan undangan lainnya. 

Pemerintah Republik Indonesia mendukung komitmen Pelindo 1 untuk melakukan akselerasi pengembangan pelabuhan dan kawasan industri di Kuala Tanjung yang bekerja sama dengan Port of Rotterdam dan Zhejiang. Menurut Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, penandatanganan MoU pada hari ini menjadi babak baru bagi pengembangan Kuala Tanjung yang diharapkan Pelindo 1 dapat terus meningkatkan kerjasama dengan sejumlah partner strategis untuk mengakselerasi pengembangan Kuala Tanjung. 

“Saya optimis kinerja pelabuhan Kuala Tanjung dapat terus meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari performance Terminal Multipurpose Kuala Tanjung tahun 2020 yang meningkat cukup signifikan sebagai terminal baru, di mana dari tahun 2019 ke tahun 2020 kargo petikemas, curah cair CPO, general cargo dan kunjungan kapal terus mengalami kenaikan. Selain itu, dengan adanya pelayaran direct call dari Ningbo-Kuala Tanjung akan meningkatan kinerja pelabuhan, yang pada akhirnya dapat menambah daya tarik calon investor ke Kawasan Industri Kuala Tanjung. Terakhir, saya berharap keberadaan pelabuhan ini dapat meberikan dampak ekonomi secara maksimal, menekan biaya logistik dan meningkatkan daya saing logistik Indonesia dengan negara-negara lain,” tambah Budi. 

Budi menambahkan lagi bahwa upaya kerja sama ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mendukung penuh dan mengawal langsung pengembangan Kuala Tanjung yang telah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo 1 Prasetyo menjelaskan penandatanganan MoU dan Term Sheet kerja sama ini akan mengakselerasi pengembangan Kuala Tanjung PIE dan juga akan mewujudkan Kuala Tanjung PIE sebagai The Indonesia's Logistic and Supply Chain Hub. 
“Dengan dukungan dari Port of Rotterdam dan Zhejiang Seaport Group yang memiliki jaringan logistik global, lokasi Kuala Tanjung PIE yang strategis, didukung dengan hinterland yang potensial, serta dukungan penuh dari pemerintah, Pelindo 1 yakin akan menjadikan Kuala Tanjung PIE sebagai The Indonesia's Logistic and Supply Chain Hub. Kami juga yakin bahwa Kuala Tanjung PIE akan menjadi salah satu pintu gerbang perekonomian yang baru di ASEAN serta menjadi simpul penting dalam perdagangan dan jaringan logistik global yang menghubungkan Eropa dan Asia,” jelas Prasetyo.

Pelindo 1, Port of Rotterdam, dan Zhejiang Seaport Group akan bekerja sama dalam optimalisasi Kuala Tanjung Multipurpose Terminal (KTMT) yang dioperasikan oleh anak usaha Pelindo 1, PT Prima Multi Terminal (PMT). Port of Rotterdam, dan Zhejiang Seaport Group akan menjadi bagian shareholder di PMT, bersama Pelindo 1, PT Waskita Karya Tbk, PT Pembangunan Perumahan Tbk. Dalam kerja sama ini juga akan dilaksanakan pelayaran kapal-kapal direct call dari Ningbo Zhoushan Port ke Pelabuhan Kuala Tanjung. 

Pada sektor Kawasan Industri, Port of Rotterdam, dan Zhejiang Seaport Group ini akan bekerjasama  dengan anak perusahaan Pelindo 1 PT Prima Pengembangan Kawasan dalam mengembangkan Kawasan industri di Kuala Tanjung seluas 200 Ha pada tahap pertama yang disediakan untuk industri-industri dari China.
Selain itu, juga dilakukan penandatanganan term sheet kerja sama antara Pelindo 1, Port of Rotterdam dan Zhejiang Seaport Group yang meliputi Term Sheet Conditional Share Subscription Agreement (CSSA), Term Sheet Shareholder Agreement (SHA), Term Sheet Industrial Estate Co-Development (IECD).

Pengembangan Kuala Tanjung PIE

Kuala Tanjung yang berada di jalur utama Selat Malaka yang dilintasi 25 persen komoditas perdagangan dunia dan didukung hinterland yang kuat di 10 provinsi di Pulau Sumatra, menjadikan posisi Kuala Tanjung PIE semakin strategis dan berpotensi sebagai simpul penting dalam jaringan logistik dan supply chain global. Kuala Tanjung juga terintegrasi dan terhubung langsung dengan Kawasan Industri Sei Mangkei dan telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Selain itu, Kuala Tanjung akan menerapkan konsep smart port and smart industrial area. Hal tersebut didukung dengan penerapan teknologi informasi yang mumpuni di kawasan tersebut sehingga nantinya akan menjadi sebuah kawasan industri modern berskala Internasional. 

KTMT yang menjadi bagian dari Kuala Tanjung PIE yang telah dioperasikan sejak tahun 2019 diproyeksikan sebagai The Next Indonesia's Logistic and Supply Chain Hub. Dengan memiliki kedalaman kolam pelabuhan -17 mLWS mampu mengakomodasi kapal-kapal berukuran besar dengan bobot 50.000 DWT serta berbagai jenis muatan dari peti kemas, curah cair, hingga general cargo.

“KTMT menunjukkan tren pertumbuhan trafik yang positif, artinya KTMT beroperasi dengan baik dan respon pasar pun positif dengan keberadaan KTMT. Kawasan pelabuhan ini juga didukung dengan kawasan industri yang sedang dikembangkan di area seluas 3.400 Ha. Kawasan industri ini terkoneksi jaringan transportasi terpadu berupa jalan tol Trans Sumatera dan jaringan jalur kereta api ke berbagai hinterland di Sumatera Utara,” tambah Prasetyo.

Pelindo 1 juga terus berupaya memperluas kolaborasi dan sinergi untuk terus mendorong pengembangan Kuala Tanjung PIE. Pada bulan lalu, Pelindo 1 telah melakukan penandatanganan MoU antara Pelindo 1 dengan Union Resources & Engineering Co., Ltd (UREC) untuk pemanfaatan lahan dan infrastruktur di Kawasan Industri Kuala Tanjung. Tak hanya itu, Pelindo 1 telah menggandeng DHL Global Forwarding Indonesia untuk memperkuat jaringan logistik yang mendukung Kuala Tanjung PIE.(*)
T#g:
Komentar
Jumat, 22 Okt 2021 08:59 Bisnis

Kunjungi Belawan, Kualitas Jaringan 4G Plus Kuat Indosat Ooredoo Tetap Kuat

 KETIKERS.com - Dalam kunjungan Indosat Ooredoo Medan bersama insan media ke daerah pinggiran kota tepatnya di kawasan Belawan, kualiatas jaringan 4G Plus Kuat Indosat Ooredoo tetap dapat di

Senin, 04 Okt 2021 17:51 News

Empat Kader PDIP Gugat Megawati dan Hasto, Bawas MA dan KY Diharap Mengawasi Persidangan

KETIKERS.com -  Empat kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggugat Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ke Pengadilan Negeri (PN) Balige,

Selasa, 21 Sep 2021 20:50 Bisnis

Visit Site dan Outlet Bersama Media, Indosat Ooredoo Buktikan Kekuatan Sinyal dan Kenaikan Penjualan

KETIKERS.COM - Visit Site dan Visit Outlet digelar Indosat Ooredoo Medan dengan mengajak awak media, guna membuktikan kekuatan sinyal dan melihat langsung penjualan produk disalah satu BTS dan ou

Jumat, 17 Sep 2021 17:29 News

Kesaksian Perkara Akta Palsu Sebut Akta Notaris Dibuat Tanpa Sepengetahuan Alm Jong Tjin Boen

KETIKERS.COM -  Sidang dugaan penggelapan harta warisan melalui akta palsu dengan terdakwa David Putra Negoro alias Lim Kwek Liong kembali digelar di ruang Cakra 6 Pengadilan Negeri (PN) Medan, J

Selasa, 14 Sep 2021 19:08 News

Kajari Medan Apresiasi dan Dukung Berdirinya Forwakum Sumut

KETIKERS.COM - Berdirinya Forum Wartawan Hukum Sumatera Utara (Forwakum Sumut) mendapat apresiasi dan dukungan dari Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan Teuku Rahmatsyah SH MH. Apresiasi terseb

Selasa, 14 Sep 2021 11:26 News

Rahudman Minta Pemko Medan Fokus Benahi Fasum dan Fasilitas Olahraga di Tasbih

KETIKERS.COM -  Pembenahan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas olahraga di Kota Medan seharusnya menjadi perhatian serius Pemko Medan dalam mendukung slogan Kolaborasi Medan Berkah yang dicanang

Sabtu, 04 Sep 2021 18:09 Ragam

Manjakan Pelanggan di Harpelnas 2021, Indosat Ooredoo Hadirkan Gerai Online dan Ragam Hadiah Menarik

KETIKERS.COM - Indosat Ooredoo dalam memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2021 melalui kartu saktinya IM3 Ooredoo, menghadirkan inovasi digital terkini GERAI ONLINE Indosat Ooredoo, guna m

Jumat, 03 Sep 2021 17:45 Bisnis

Kabar Gembira...IM3 Ooredoo Beri Kuota Dua Kali Lipat Bagi Pelanggan

KETIKERS.COM -  Provider yang identik dengan warna kuning merah yakni IM3 Ooredoo memberi kabar gembira bagi semua warga Kota Medan dengan benefit kepada para pelanggan setianya.“Ya mulai tangg

Minggu, 08 Agu 2021 19:58 News

Viral..! Sehat Ngaku Positif Covid-19 Tapi Berkeliaran di Warung-warung Makan Ditempat

KETIKERS.COM -  Beberapa video berdurasi pendek menggambarkan aktivitas seorang pria yang terpapar covid-19, namun berkeliaran makan di warung-warung yang ada di Kota Medan membuat warga heboh. P

Minggu, 01 Agu 2021 11:48 News

Manajemen Indosat Ooredoo Medan Berganti, Rendy Meiro Kembali Jabat Marketing Communications

KETIKERS.COM -  Manajemen Indosat Ooredoo Medan mulai dari AVP-Head Of Sales Area Medan hingga Marketing Communications, memasuki awal bulan agustus 2021 mengalami perubahan.Sebelumnya jabatan AV

Kamis, 29 Jul 2021 15:05 News

Para Korban Kasus Investasi Bodong Kecewa, Hakim Tetapkan Terdakwa Kesaksian Palsu Ditangguhkan Penahanannya

KETIKERS.COM -  Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Stabat yang mengadili perkara kesaksian palsu atas kasus investasi bodong, menetapkan penangguhan penahanan bagi terdakwanya yakni Sri Bulana

Selasa, 27 Jul 2021 18:55 Ragam

BLIA Sumut dan Walubi Sumut bersama Polrestabes Medan Salurkan 1200 Paket Sembako Kepada Warga Terdampak PPKM

KETIKERS.COM - Perkumpulan Sinar Buddha Indonesia Sumatera Utara (BLIA Sumut) bergandengan tangan dengan Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Sumut bersama Polrestabes Medan, salurkan bantuan

Senin, 26 Jul 2021 18:18 News

Duh...Kembar Cantik Adukan Kembarannya ke Polisi Gara-gara Facebook

KETIKERS.COM -  Wanita cantik yang juga seorang ibu bernama Rahma Dhana didampingi pengacaranya dari Kantor Hukum Luri Neri Tarigan SH MH & Rekan mendatangi Sentra Pengaduan Masyarakat (Dumas) Po

Kamis, 15 Jul 2021 13:10 News

Sigap Tanggap PPKM Darurat, PN Medan Perketat Prokes

KETIKERS.COM -  Pengadilan Negeri (PN) Medan kembali menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) tindak lanjut atas diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Kota Med

Selasa, 13 Jul 2021 22:37 News

Sambut HBA ke-61, Kejari Siak Gelar Baksos Salurkan Ratusan Paket Sembako

KETIKERS.COM -  Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak menggelar rangkaian Bakti Sosial (Baksos) di 121 kampung yang ada di Kabupaten Siak, Riau dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61.&n

Kamis, 24 Jun 2021 15:29 News

Bersaksi Palsu di Pengadilan, Kakak Beradik Disidik dan Jadi Tersangka

KETIKERS.COM - Kakak beradik Sri Bulana br Sitepu dan Rosmina br Sitepu harus menanggung  akibat atas kesaksiannya yang diduga palsu saat dihadirkan di Pengadilan Negeri (PN) Stabat, sebagai

Ikuti Kami